4 Aplikasi Pembukuan Untuk Usaha Yang Cocok Bagi Pemula

Aplikasi Pembukuan Untuk Usaha – Sebagai seorang pebisnis muda yang ingin membuka sebuah usaha, kamu memerlukan beberapa persiapan penting salah satunya adalah pembukuan.

Proses pembukuan cukup penting dimana kamu perlu perencanaan yang baik dan terukur. Hal ini bukan tanpa alasan karena dengan pembukuan akan membawa dampak bagi usaha kamu apakah usaha kamu akan maju atau justru jalan di tempat.

Oleh karenanya, kamu membutuhkan sebuah aplikasi tambahan dimana aplikasi pembukuan untuk usaha ini bisa mempermudah kamu dalam hal pembukuan sebuah usaha atau bisnis. Selain itu, kamu juga perlu aplikasi kasir terbaik untuk bisnis kamu lho, apalagi dalam skala UMKM.

Apa Itu Aplikasi Pembukuan ?

Sebelum kita masuk ke topik utama pembahasan tentang aplikasi mana yang bisa kamu pakai untuk membantu kamu dalam pembukuan, ada baiknya bagi kamu untuk mengenal tentang proses pembukuan terlebih dahulu.

Secara umum, proses pembukuan adalah sebuah proses untuk mencatat secara teratur tentang usaha yang kamu miliki atau sedang dijalani. Yang dimaksudkan dalam hal ini ialah manajemen keuangan usaha atau bisnis kamu.

Keuangan yang dimaksudkan berupa modal, keuntungan, kewajiban, harta dan hal lainnya yang bisa di masukkan. Dengan memakai aplikasi pembukuan, diharapkan kamu bisa mengatur cashflow perusahaan kamu menjadi lebih mudah.

Cashflow yang baik merupakan suatu ciri bahwa usaha yang kamu jalani bisa maju dan berkembang dengan benar.

Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Untuk Usaha Bagi Pemula

Nah kini kita akan membahas beragam aplikasi yang bisa kamu pakai jika kamu sudah niat ingin buka usaha dimulai dari nol.

Aplikasi Pembukuan Untuk usaha – Buku Warung

Aplikasi pembukuan untuk usaha yang pertama yang bisa kamu download bernama Buku Warung. Sesuai dengan nama yang diberikan, aplikasi ini berfungsi untuk melakukan pencatatan pada usaha kamu apalagi bagi kamu yang ingin buka usaha warung.

Yang menjadi hal unik dari aplikasi ini ialah selain untuk melakukan pembukuan, kamu juga bisa memakai aplikasi ini sebagai aplikasi pembayaran. Dengan begitu, aplikasi ini direkomendasikan bagi kamu yang seorang entrepreneur baik pemula ataupun yang sudah lama memulai usaha.

Buku Warung bisa memberikan sebuah solusi bagi kamu yang membutuhkan aplikasi untuk membantu pencatatan keuangan usaha atau bisnismu dengan cepat, mudah serta praktis. Selain itu, aplikasi ini juga terbilang aman sehingga memungkinkan kamu untuk meminimalisir kerugian akibat cashflow yang tidak tercatat dengan rapi.

Selain itu, ada juga fitur lain yang bikin aplikasi ini banyak digunakan oleh orang orang yaitu User Interface yang bikin kita betah di aplikasi ini. Size yang diperlukan untuk download aplikasi ini juga kecil sehingga tidak akan memakan banyak penyimpanan internal smartphone kamu.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini dalam keadaan offline dimana kamu tidak memerlukan internet lho untuk buka aplikasi ini. Sangat praktis dan mudah sekali bukan ?

Teman Bisnis

Di daftar yang kedua ada aplikasi lain yang bisa kamu pakai untuk melakukan pembukuan pada usaha milik kamu. Nama dari aplikasinya yaitu Teman Bisnis. Aplikasi pembukuan untuk usaha yang satu ini memiliki konsep yang mirip dengan Buku Warung.

Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang baru memulai bisnis sehingga kamu tidak perlu repot repot melakukan pembukuan. Hanya perlu pencet pencet saja dan hasilnya akan langsung muncul.

Akuntansi Keuangan

Selain aplikasi Buku Warung dan Teman Bisnis, kamu juga bisa mencoba aplikasi yang bernama AKuntansi Keuangan sebagai alternatif lain untuk aplikasi pembukuan kamu.

Fitur terbaik dari aplikasi ini adalah kamu langsung bisa download aplikasinya di Android dan juga iOS. Selain itu, kamu juga bisa menambah wawasan dengan membaca jurnal yang ada di aplikasi ini sehingga kamu punya referensi yang lebih banyak.

QuickBooks

Aplikasi terakhir yang bisa kamu coba adalah QuickBooks dimana aplikasi ini bisa membantu kamu dalam melakukan proses pembukuan usaha kamu.

Ada beberapa fitur yang bisa kamu pakai untuk aplikasi ini antara lain adalah bisa membantu kamu dalam membuat faktur serta melampirkan foto dan catatan penting lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membuat laporan keuangan yang cepat, simpel serta mudah.

Ada bermacam laporan keuangan yang bisa dibuat di aplikasi ini antara lain adalah laporan penjualan, laporan neraca, rugi profit dan juga laporan lainnya.